Aneka Khasiat Bunga Sedap Malam




Enak malam semakin diketahui untuk bunga hias. Wanginya yang seharum melati berguna menentramkan hati orang di sekelilingnya. Tetapi, sebetulnya bunga enak malam punyai beberapa faedah untuk kesehatan, dari mulai menyembuhkan keluh kesah sulit tidur, influenza, sampai rematik.Bunga yang datang dari Meksiko ini disenangi di luar negeri. Warga Jepang memakai bunga enak malam untuk simbol cinta. Di Thailand, bunga yang harum pada malam ini hari ialah kecintaan beberapa perangkai bunga sebab karakternya yang harum serta tidak gampang layu.


Warga Eropa menggunakan bunga namanya Latin Polianthes tuberosa Linn ini dalam upacara keagamaan. Tidak bingung jika bunga yang diketahui di luar negeri dengan nama tuberosa ini didapati menghiasi altar di gereja-gereja.

Kekasih Gelap

Keharumannya yang tidak kalah dengan bunga melati membuat enak malam dipanggil di luar negeri untuk dangerous pleasure (kesenangan yang beresiko). Tidak jelas kenapa disebutkan demikian. Tetapi, ada tahayul kuno di Perancis yang larang anak gadis hirup wangi bunga ini di saat malam sebab akan bawa situasi romantis dalam diri mereka. Larangan yang juga sama berlaku di India dengan fakta yang sama juga, hingga bunga ini dinamakan rat ki rani (kekasih gelap).

Walau ada keyakinan demikian di India, penyembuhan kuno dari India, Ayurveda, mengaku manfaat bunga yang disebutkan orang Sunda untuk sundel malam hari ini buat kesehatan. Menurut Ayurveda, enak malam diketahui dapat melakukan perbaikan ketenangan pemikiran seorang. Bunga ini dapat buka chakra mahkota, hingga melakukan perbaikan kemampuan fisik seorang.

Enak malam menguatkan ide artistik dalam diri seorang sebab kekuatannya merangsang bagian kanan otak yang mengurus sisi kreasi. Dari stimulasi di otak kanan itu enak malam memberikan ketenangan di pemikiran serta hati.

Pada penyembuhan tradisionil warga Indonesia tidak ada keterangan seperti pada Ayurveda. Tetapi, nenek moyang kita sudah memakai keharuman bunga yang namanya Yek Lai Siang hari ini untuk menentramkan hati di saat perkabungan.

Hiasan bunga enak malam pada upacara perkawinan di Indonesia memberikan hasrat tertentu untuk pasangan pengantin baru. Praktik ini terus berjalan sampai saat ini. Serta beberapa pengelola spa menaburkan cuplikan bunga di kolam pemandian untuk memberikan ketenangan ke orang yang berendam.

Turunkan Panas

Sayangnya, tidak seperti lavender yang minyak fundamentalnya terkenal menentramkan pemikiran, minyak fundamental bunga enak malam susah didapatkan. Menurut Lisa Maliga, seorang penulis di The Chamomile Times and Herbal News, tidak ada "minyak fundamental" bunga enak malam. Karena, bunga ini tidak tahan pada suhu tinggi saat disuling jadi minyak fundamental.

Dengan cara ilmiah, baru sedikit faedah untuk kesehatan yang tersingkap dari bunga enak malam. Dari Ensiklopedia Tumbuhan Bermanfaat Obat Indonesia yang dicatat oleh Prof. H.M. Hembing Wijayakusuma, ahli penyembuhan tradisionil serta tumbuh-tumbuhan bermanfaat obat, diketahui jika enak malam berbentuk manis, sejuk, serta sedikit tawar. Tanaman ini bermanfaat turunkan panas (antipiretik) serta hilangkan lebam. Disamping itu, muatan kimia yang diketahui ialah sapogenin.

Sisi tanaman yang digunakan untuk obat ialah sisi bunga serta akar. Kedua-duanya dapat diproses untuk penggunaan dalam dan luar. Prof. Hembing merekomendasikan supaya penyembuhan dengan ramuan enak malam hari ini dilaksanakan dengan teratur. Tetapi, pasien penyakit serius serta berat seharusnya masih konsultasi sama dokter.

Bermacam Resep Bunga Enak Malam

Di bawah ini beberapa resep yang memakai bahan bunga enak malam seperti dicatat oleh Prof. H.M. Hembing Wijayakusuma.

1. Katarak, Radang Mata

Rebus 50 kuntum bunga enak malam dengan 1.500 cc air sampai mendidih. Nantikan sampai dingin. Sesudah dingin, pakai untuk membersihkan mata.

2. Bisul (Furunculus) serta Lebam (Edema)

Mengambil akar enak malam seperlunya lalu bersihkan bersih. Kemudian tumbuk halus serta lekatkan di bagian yang sakit.

3. Sulit Tidur, Menentramkan Pemikiran serta Hati, Menambah Darah, serta Pandangan Kabur

Bahan: 30 kuntum bunga enak malam, 15 gr kie cie (dapat diperoleh di toko obat Cina), 1-2 buah kesayangan ayam, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 10 gr jahe, merica, garam, serta kecap semasing seperlunya. Irislah bawang putih serta bawang merah. Tumis semua bahan dengan minyak goreng nonkolesterol seperlunya. Imbuhkan tepung tapioka yang sudah diencerkan seperlunya. Masak sampai masak.

4. Tingkatkan Stamina

Bahan: 50 kuntum bunga enak malam, 50 gr kacang kapri, 1 butir telur ayam, 100 gr udang, 10 gr jahe, 2 siung bawah putih, 4 siung bawang merah. Tumis semua bahan dengan minyak goreng nonkolesterol seperlunya. Janganlah lupa imbuhkan tepung maizena yang sudah diencerkan. Masak sampai masak.

5. Pertajam Pandangan

Bahan: 30 kuntum bunga enak malam, 70 gr kacang kapri muda, 100 gr daging ayam, 75 gr wortel, 1 butir telur ayam, 10 gr jahe, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, kecap manis serta garam seperlunya. Potong-potong daging ayam serta wortel. Selanjutnya sediakan bawang putih serta bawang merah yang sudah diiris-iris. Tumis semua bahan dengan minyak goreng nonkolesterol sampai masak.

6. Influenza

Bahan: 20 gr akar enak malam, 15 gr jahe, 2 tangkai daun bawang putih, 600 cc air bersih. Rebus bahan bersama-sama air sampai sisa setengah (300 cc). Air rebusan itu diminum 2x semasing 150 cc.

7. Radang Tenggorokan, Berbau Mulut, Suara Serak, Sakit Waktu Menelan Makanan

Bahan: 20 gr akar enak malam, 25 gr sambiloto fresh, 600 cc air bersih. Rebus bahan bersama-sama air sampai sisa 1/2 (300 cc). Kemudian saring serta minum 2x satu hari semasing 150 cc.

8. Rematik

Bahan: 30 gr akar bunga enak malam, 20 gr jahe merah, gula merah seperlunya, 400 cc air. Rebus bahan bersama-sama 400 cc air sampai mendidih. Saring serta buat dua sisi untuk diminum 2x satu hari.

Popular posts from this blog

Pemeriksaan Ketidaksuburan (infertilitas)

Penyebab Ketidaksuburan (infertilitas)

Jus Bayam Atasi Tukak Lambung